Pesawat Merpati Seruduk Landasan Bandara El Tari Kupang

foto Lorens M. Dadi (6)Kupang- Pesawat Merpati buatan China MA 60 dengan nomor registrasi PK-M20 jatuh di Bandara El Tari Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur, tepat pukul 09.45 Wita hari ini, Senin 10/6. Pesawat tersebut mengangkut 45 penumbang di tambah 1 Bayi dan 5 Crew Pesawat.

Pesawat jatuh diatas landasan sekitar 300 meter dari garis Runaway. Tidak ada korban jiwa, namun korban yang mengalami luka-luka sebanyak 2 orang. Korban luka-luka telah dievakuasi ke Rumah Sakit TNI AU El Tari Kupang. Sementara penumpang lainnya dievakuasi ke ruang VIP TNI Pangkalan Angkatan Udara El Tari Kupang.

Komandan TNI Angkatan Udara El Tari, Eko Dono Indarto kepada wartawan di Bandara El Tari mengatakan bahwa pesawat tersebut mengangkut 46 penumpang asal Bajawa tujuan Bandara Udara El Tari Kupang. Dalam kecelakaan ini, tidak terdapat korban jiwa namun korban luka terdiri dari 2 orang.

Menurutnya penyebab terjatuhnya pesawat ini belum diketahui, namun diakui bahwa sebelum pesawat tersebut jatuh, terjadi bunyi ledakan besar, tutur Indarto.

General Manager Bandara Udara El Tari Kupang, Imam Pramono, di lokasi kejadian mengatakan bahwa yang di nahkodai  Kapten Aditia tergelincir sekitar 300 meter dari Runaway. Terkait kondisi Pilot Aditia, Pramono mengaku sehat dan tidak merasa shock.

Dirinya juga menjelaskan, setelah Runaway Clear maka penerbangan akan dilanjutkan oleh pesawat lainnya, dirinya juga menambahkan bahwa pada saat kejadian tadi pesawat Susi Air siap-siap untuk terbang namun dibatalkan karena kejadian terjatuhnya pesawat Merpati.

Dikatakan pula bahwa pihak Merpati hari ini akan membatalkan semua penerbangan hingga esok, khususnya penerbangan dari Kupang maupun yang datang ke Kupang, tuturnya.

Sementara pantauan media ini, terlihat puing-puing pesawat yang menyeruduk landasan sekitar 250 Meter hingga ke bangkai pesawat. Hingga berita ini di turunkan, belum ada kepastian atas kejadian ini dan bangkai pesawatpun belum dievakuasi. (Rey)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s