Beri Daku Sumba

 

 

Tulisan ini adalah sebuah replika pesona wisata Sumba dari Famtrip Jurnalis desk Provinsi NTT beberapa tahun yang lalu di pulau Sumba. Famtrip Jurnalis ini di inisiasi Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Provinsi NTT dengan yang melibatkan kaum jurnalis dari beberapa media lokal di NTT maupun Nasional. Famtrip ini di maksudkan untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di empat kabupaten di Sumba dalam rangka menyambut Sail Flobamora dan menyukseskan visit NTT 2013 dengan target mendatangkan sejuta wisatawan di Nusa Tenggara Timur.

Redaksi sengaja kembali menurunkan tulisan ini sebagai refrensi menjelang event Sail Komodo 2013 yang sebentar lagi akan di gelar. Walaupun Sail Komodo adalah event akbar pariwisata dan ekonomi bisnis di NTT, namun hingga menit ini, gaung Sail Komodo tak punya gaung dan target yang jelas. Bahkan dinas pariwisata NTT, karena minimnya anggaran yang ada, maka promosi sail komodo 2013, akan di promosikan dari mulut ke mulut,. Miris memang, . daripada pusing, ikuti catatan Elas Jawamara yang akan kami turunkan secara berseri.

Sumba indentik dengan Marapu. Sebuah sistem kepercayaan tradisional yang tetap lestari hingga kini. Tentang Sumba adalah sejuta paras indah tentang budaya, objek wisata dan aneka antraksi budaya yang melekat pada tradisi orang Sumba. Sumba adalah untain perikehidupan dan laku santun para penghuni dan pemangku adat yang setia menjaga tradisi para leluhur.

Para ahli arkeologi juga sering menyebut Sumba sebagai Living Megalithic Culture atau budaya megalitik yang terus hidup. Tradisi megalitik dari 4.500 tahun yang silam masih lestari hingga kini. Yang oleh karenanya seorang penyair terkemuka di indonesia mentatahkan kekagumannya tentang sumba dalam sair puisi indah.

“beri daku sumba, – beri daku cuaca tropika, kering tanpa hujan ratusan hari. Beri daku tanah tanpa pagar luas tak terkata, namanya sumba, ……

Pulau sumba sendiri terdiri dari empat wilayah administratif yakni sumba barat daya, sumba barat, sumba tengah dan di beranda paling timur yakni kabupaten sumba timur.(Fortuna/SP/part.1-bersambung)

Sumber: http://www.savanaparadise.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s