103 Perusahaan Asing Beroperasi di NTT

Perusahaan Pemanaman Modal Asing (PMA) yang beroperasi di Nusa Tenggara Timur sampai Mei 2013 tercatat sebanyak 103 unit, yang menyebar di sejumlah kabupaten/kota.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) NTT Thobias Ully di Kupang, Rabu (15/5) mengatakan jumlah perusahaan Penanaman Modal Asing yang mencapai 331 unit tersebut jauh melebihi perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang hanya mencapai tujuh unit. Dengan demikian secara keseluruhan perusahaan yang beroperasi di NTT sebanyak 110 unit. “Perusahaan asing itu paling banyak konsorsium,” kata Thobias.

Minat perusahaan asing berivestasi di NTT diprediksi akan meningkat di tahun-tahun mendatang terutama di bidang perhotelan, tambang, perdagangan ekspor dan perdagangan besar. Sektor pariwisata juga terus menarik perhatian perusahaan asing menyusul ditetapkan Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban baru dunia.

Adapun nilai investasi perusahaan asing itu mencapai Rp3 triliun dengan jumlah tenaga kerja asing sebanyak 2.371 orang. Kendati begitu, menurut Dia, beberapa kendala masih menjadi penghambat utama investasi asing di NTT seperti status kepemilikan tanah, dan infrastruktur penunjang investasi masih kurang. “Animo masyarakat menerima kehadiran investor juga masih rendah dan tuntutan masyarakat terhadap investor yang berlebihan,” katanya.

sumber: Lintas NTT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s